Cara mengatasi file Host yang tidak bisa diedit di Windows 7

Standar

Awal cerita ane lagi mau nyoba install Adobe Dreamweaver CS5, nah sebelum ane install kan ane baca dulu tuh file readme.txt nya, nih gan buat screenshot file nya.

host-cs5-readme

isi file readme Adobe CS5 (maklum versi bajakan heheh)

Singkat cerita ane udah install itu software sebagai trial sesuai dengan petunjuk no.1, udah gitu kan ane terusin ke petunjuk yang no.2 buat nambahin “127.0.0.1 activate.adobe.com” ke file “host” yang ada di direktori “Windows\system32\drivers\etc\”

host-open-langsung

buka file "host" secara langsung

ane buka file pake notepad++ secara langsung trus ane tambahin “127.0.0.1 activate.adobe.com”

host-file-asli

file "host" asli yang belum diedit

nah setelah ane save file “host” nya malah muncul pesan error “Please check whether if this file is opened in another program”, ane langsung bingung kan soalnya ane cuma buka itu file pake notepad++ aja.

host-cannot-save

file "host" tidak bisa disave

daripada bingung-bingung, ane lewat aja tuh yang petunjuk no.2 ane terusin aja langsung ke petunjuk no.3 buat ngisi serial number pake keymaker nya langsung. Awalnya sih nggak keliatan ada masalah nah setelah ane connect ke internet plus buka adobe dreamweaver c5 nya muncul dah notifikasi kalo ane pake software versi trial dan ane disuruh masukin lagi tuh serial number (bt kan).

host-cs4-notification

notifikasi adobe cs4

buat screenshot yang diatas memang punya nya adobe cs4 tapi nggak beda jauh lah mirip-mirip kaya gitu. nah untuk solusinya setelah ane googling ane nemu ada 2 cara yang bisa dilakuin buat bisa ngedit file “host” di windows 7, yang pertama kita bisa copy dulu file tersebut ke drive lain selain drive “C:” trus kita edit file “host” tersebut, setelah selesai diedit kita copy balik ke tempat asalnya yaitu “Windows\system32\drivers\etc\”. Untuk cara yang kedua kita jalankan notepad sebagai administrator.

host-run-as-admin

Jalankan notepad sebagai administrator

trus open file “host” dari notepad

host-open-admin

open file "host" dari notepad

edit file “host” lalu save

host-edit-sukses

file host berhasil disave

cukup sekian dulu deh buat tulisan kali ini semoga bermanfaat, oiya buat cara yang kedua ane saranin pake notepad jangan pake notepad++, alasannya kenapa? coba aja deh kalo mau tau alasannya hehe :D

update – 18/06/2011

buat agan2 yang gk nemu file host di kompie nya coba diperiksa lagi alamat direktori/folder nya apa udah bener, kalo misalnya alamat direktori udah bener tapi masih belum nemu file host nya solusinya agan bisa bikin file host baru atau download disini terus copy paste ke direktori/folder “Windows\system32\drivers\etc\”

70 thoughts on “Cara mengatasi file Host yang tidak bisa diedit di Windows 7

  1. hahahaha…. mantap om…

    buat om mboh… yang ane jga file host’a kga adaann … ntah kemana …. -,-”
    ya udah dri pada bingung bkin aja pke notepad …. ;D
    dan ternyata rebesss…. berjalan sempurna…

  2. ui,aku kan pke win 7,terus ga jelas tuh,gwa klik web yg tulisannya “kesini”di tulisan “Pilih saja caranya, mau cara 1 atau 2 silahkan, jika masih kurang jelas silahkan kesini dengan petunjuk bergambar.” lah kok jelasin adobe?aku mau IDM,setiap mau download,pokoknya ada tulisan 30 days gitu.Tolong bantuannya.Thx.

  3. Hong Pin

    Mau tanya donk, file hasil save nya di win 7 kok jadi ada dua, yg satu yg orisinilnya HOSTS typenya file yg lainnya HOSTS typenya text. trus merubah yg text menjadi type file bagaimana ya? Saya sudah ngikuti cara yg di sarankan . Thanks sebelumnya.

  4. sudah saya coba save gak mau hoho jadi saya coba buat hosts baru meskipun file nya berbentuk SAM file cos bukanya pake wordpad tapi editnya tetap pake notepad alhasil saya host saya jadi dua hmm idm saya tetap aman tuh ini contoh file yg sudah saya save

    # Copyright (c) 1993-1999 Microsoft Corp.
    #
    # This is a sample LMHOSTS file used by the Microsoft TCP/IP for Windows.
    #
    # This file contains the mappings of IP addresses to computernames
    # (NetBIOS) names. Each entry should be kept on an individual line.
    # The IP address should be placed in the first column followed by the
    # corresponding computername. The address and the computername
    # should be separated by at least one space or tab. The “#” character
    # is generally used to denote the start of a comment (see the exceptions
    # below).
    #
    # This file is compatible with Microsoft LAN Manager 2.x TCP/IP lmhosts
    # files and offers the following extensions:
    #
    # #PRE
    # #DOM:
    # #INCLUDE
    # #BEGIN_ALTERNATE
    # #END_ALTERNATE
    # xnn (non-printing character support)
    #
    # Following any entry in the file with the characters “#PRE” will cause
    # the entry to be preloaded into the name cache. By default, entries are
    # not preloaded, but are parsed only after dynamic name resolution fails.
    #
    # Following an entry with the “#DOM:” tag will associate the
    # entry with the domain specified by . This affects how the
    # browser and logon services behave in TCP/IP environments. To preload
    # the host name associated with #DOM entry, it is necessary to also add a
    # #PRE to the line. The is always preloaded although it will not
    # be shown when the name cache is viewed.
    #
    # Specifying “#INCLUDE ” will force the RFC NetBIOS (NBT)
    # software to seek the specified and parse it as if it were
    # local. is generally a UNC-based name, allowing a
    # centralized lmhosts file to be maintained on a server.
    # It is ALWAYS necessary to provide a mapping for the IP address of the
    # server prior to the #INCLUDE. This mapping must use the #PRE directive.
    # In addtion the share “public” in the example below must be in the
    # LanManServer list of “NullSessionShares” in order for client machines to
    # be able to read the lmhosts file successfully. This key is under
    # \machine\system\currentcontrolset\services\lanmanserver\parameters\nullsessionshares
    # in the registry. Simply add “public” to the list found there.
    #
    # The #BEGIN_ and #END_ALTERNATE keywords allow multiple #INCLUDE
    # statements to be grouped together. Any single successful include
    # will cause the group to succeed.
    #
    # Finally, non-printing characters can be embedded in mappings by
    # first surrounding the NetBIOS name in quotations, then using the
    # xnn notation to specify a hex value for a non-printing character.
    #
    # The following example illustrates all of these extensions:
    #
    # 102.54.94.97 rhino #PRE #DOM:networking #net group’s DC
    # 102.54.94.102 “appname x14″ #special app server
    # 102.54.94.123 popular #PRE #source server
    # 102.54.94.117 localsrv #PRE #needed for the include
    #
    # #BEGIN_ALTERNATE
    # #INCLUDE \\localsrv\public\lmhosts
    # #INCLUDE \\rhino\public\lmhosts
    # #END_ALTERNATE
    #
    # In the above example, the “appname” server contains a special
    # character in its name, the “popular” and “localsrv” server names are
    # preloaded, and the “rhino” server name is specified so it can be used
    # to later #INCLUDE a centrally maintained lmhosts file if the “localsrv”
    # system is unavailable.
    #
    # Note that the whole file is parsed including comments on each lookup,
    # so keeping the number of comments to a minimum will improve performance.
    # Therefore it is not advisable to simply add lmhosts file entries onto the
    # end of this file.

    • File Hosts adalah file computer yang digunakan oleh sistem operasi untuk memetakan hostname ke IP address. File Hosts adalah sebuat file text biasa (plain-text) dan nama filenya dinamakan dengan “hosts”.

      sumber

  5. smua hampir lancar, mulai dr ganti host smpai ke restart dan masukin srial numbernya…trus continue dan minta masukin id adobe / email dan password..tp tetep ga bisa …..mohon bantuannya,,,,apa nya yg salah ya….trima kasih sbelumnya

  6. ryan

    bro ada yg tau tau gak cara membuka protect host, yg gak bisa dirubah isinya
    pertama ane udah buka system32\drivers\etc\hosts, terus ane mau ngerubah isi web yg diprotect di dalam hostnya nih, tapi ternyata setelah dihapus isi web yg diprotect terus di save as, eh malah muncul tulisan ” Cannot create the : \WINDOWS32\drivers\etc\hosts file.
    Make sure that path and filename are correct.”

    ada kale yg bisa bantu2 ane.

  7. kok hosts saya brubah mnjadi imhosts yah??? g mna cara balikin.y??? krn gak tau cara balikin.y sya hapus ajha.. itu cara.y g mna yah???? tolong d balas…
    makasih sbelum.y… :)

  8. gan ane dah pernah edit tu isi dari file host dari CMD, efek nya Facebook nya gak bisa di buka lagi karna geram ane hapus file nya tapi tetep aja gak bisa pertanyaannya gimana cara ngembaliin ke semulanya gan?

  9. satu-satunya kelemahan cara ini adalah tidak bisa update.

    aku dah bikin idm-anti fake.
    gak perlu crack, patch, idm cracker. agan-agan bisa terus update. cara pakainya gampang, setiap ketemu fake, pakai aplikasi buatanku ini,..idm agan insyaallah bisa dipakai lagi….update pun tak masalah.

    agan bisa cari idm-anti fake di blog saya

  10. spirit

    gan tetep gk mau,ane masuikin kode idm,cara satu malah kebuat host type document,cara 2 file hostnya jai dua?gk bisa di satuin?harus gmna
    mohon bantuannya terima kasih

  11. budisetiawan

    kok gue gak bisa ya bro … udah 2 cara copy paste file atau run administrator juga gak ngefek…udah di crack sama batch juga gak bisa -_- puseng euy..tau solusinya gak ?

Tinggalkan Balasan

